Sedekah: Cara Mudah Mancing Rezeki, Benarkah?

Perkataan Humboldt ini benar. Lalu, bagaimana cara kita menguasai nasib?

Caranya, kita mesti terlebih dahulu memahami bahwa setiap makhluk hidup adalah “agen kehidupan” yang bertugas menjaga setiap aspek dalam sendi kehidupan senantiasa bergerak, mengalir, tumbuh dan berkembang.

Setelah memahami hal mendasar ini, apa pun bentuk nasib dirimu, jalanilah itu dengan tetap menyinergikan dan atau memfungsikannya sebagai “agen kehidupan”.

Dan ketahuilah, apa pun yang kita lakukan dalam fungsi sebagai “agen kehidupan,” sifatnya “sedekah.” Sedekah dapat berupa harta, waktu, tenaga, dll.

Sedekah itu bukan hanya ke sesama manusia tetapi juga kepada makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan karena mereka bagian dari kehidupan itu sendiri.

Hal yang juga penting untuk ditekankan dari sedekah yaitu bahwa ” tindakan itu semata-mata hanya mengharap ridha Allah Swt”.

Hal yang diridhai-Nya (disukai, diperkenan, dan mendapat rahmat-Nya jika dilakukan) tidak lain adalah mengikhlaskan diri kita berfungsi sebagai “agen kehidupan.”

Demikianlah cara menguasai nasib, yakni: menjalaninya dengan ikhlas dan menggerakkannya di dalam fungsi sebagai “agen kehidupan.”

Demikian. Semoga bermanfaat. Salam.

Author: fadlybahari

Penjelajah dan Pengumpul Esensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: