Lamed Vav Tzadikim: 36 Orang Saleh yang Mengembara di Bumi

Menurut tradisi mistik Yahudi kuno, dalam setiap zaman di sepanjang sejarah umat manusia ada 36 orang saleh yang mengembara di bumi tanpa diketahui identitasnya oleh orang lain. 

Orang-orang rahasia ini adalah orang-orang saleh yang tindakannya luhur dan penuh kasih sayang.  Dikatakan bahwa demi merekalah Tuhan tidak menghancurkan dunia, bahkan ketika dosa menguasai umat manusia.

Dalam mistisisme Yahudi abad pertengahan, 36 manusia itu kemudian dikenal sebagai Tzadikim Nistarim, artinya “orang-orang saleh yang tersembunyi” (Tzadikim= Orang saleh; Nistarim= tersembunyi). Mereka juga dikenal sebagai Lamed Vav Tzadikim, artinya “36 orang saleh”. 

Sebutan Lamed Vav merujuk pada konsep Gematria Ibrani. Lamed, huruf keduabelas dalam alphabet hebrew, memiliki jumlah gematria 30, sementara Vav, huruf keenam dalam alphabet hebrew, memiliki jumlah gematria 6.

Orang-orang Yahudi hasid, yaitu  cabang Yahudi Ortodoks yang menjadikan mistisme Yahudi sebagai aspek fundamental kepercayaannya, Percaya bahwa 36 orang suci tersebar di antara diaspora komunitas Yahudi di seluruh penjuru dunia. Mereka terkadang mengaitkan kekuatan luar biasa dan kualitas kesucian yang dimiliki oleh rabi mereka, dimungkinkan oleh karena rabi tersebut telah berguru pada salah satu orang suci tersebut.

Yahudi hasid percaya bahwa, kadang-kadang salah seorang dari Tzadikim Nistarim akan muncul untuk menyelamatkan komunitas Yahudi atau sekelompok orang yang tidak bersalah dari bencana atau penganiayaan, lalu kemudian akan kembali menghilang. 

Menghilang yang dimaksudkan adalah bahwa mereka kembali berbaur dalam kehidupan masyarakat umum dan melakukan rutinitas yang sama sekali tidak menunjukkan bahwa mereka adalah orang suci yang special. Mereka adalah manusia biasa, yang hidup dan mati seperti orang lain. Ketika salah satu dari mereka telah tiba ajalnya, perannya kemudian diteruskan oleh sosok lain yang terpilih. Jadi, mereka akan senantiasa berjumlah 36 orang.

Author: fadlybahari

Penjelajah dan Pengumpul Esensi

3 thoughts on “Lamed Vav Tzadikim: 36 Orang Saleh yang Mengembara di Bumi”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s