Kajian Surat Al Ahzab Ayat 33 yang Mengisyaratkan Kaitan Antara Al Mahdi (Imam Tersembunyi) dan Satria Piningit (Satria Tersembunyi)

Demikianlah, dari keganjilan yang disajikan surat Al Ahzab ayat 32, 33 dan 34 inilah banyak bermunculan silang pendapat di antara para ulama. Yang tentu saja akan sangat panjang jika saya urai di sini.

Tujuan tulisan ini saya fokuskan sekadar untuk memberi wawasan kepada pembaca bahwa ada fenomena semacam ini dalam pembahasan tema tentang ahlul bait. Jadi bagi yang berminat menelusuri lebih jauh silakan searching di internet saja. banyak kok artikel yang telah membahas hal ini. Misalnya di alamat wikipedia ini.

dicapture dari halaman wikipedia yang membahas tentang ahlul bait

Poin yang ingin saya sampaikan terkait fenomena ini adalah bahwa ketika Allah menyebut ‘Ahlul Bait’ di surat Al Ahzab ayat 33, penting untuk mencemati kalimat awal pada ayat tersebut yang berbunyi “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu…“. Dalam pengertian kita di Indonesia, bunyi kalimat ini bisa kita maknai merujuk pada kata “pingit” yang, tentu saja sama dengan kata ‘piningit’ pada nama Satria Piningit.

Meskipun akan terasa seperti jembatan tipis yang ringkih jika hal ini serta merta digunakan sebagai petunjuk akan adanya keterkaitan antara Al Mahdi sebagai Ahlul Bait dengan Satria Piningit, namun, dalam tulisan Kaitan Angka 144 yang Sakral Dalam Tradisi Ibrani dan Angka 8291 yang Disebut Dalam Wangsit Jayabaya (Tradisi Jawa) saya telah membahas bahwa sebutan ‘Anak Domba’ yang umum kita temukan digunakan dalam tradisi Ibrani dan Kristiani merujuk pada sosok yang akan muncul di akhir zaman yang akan mewarisi “Kota Yerussalem Baru” di mana bait ketiga dibangun.

Dalam Kitab Perjanjian Baru, Wahyu 21: 10-21, ada disebut Kota Yerusalem baru ( juga disebut Yerusalem Surgawi atau pun Sion dalam kitab-kitab lain dari Alkitab Kristen).

Yesaya menubuatkan bahwa Bait Suci ketiga yang dibangun kembali akan menjadi rumah doa bagi semua bangsa. Kota Yerusalem baru, akan menjadi titik berkumpulnya bangsa-bangsa di dunia.

Yerusalem baru dideskripsikan Yohanes (menurut visi kenabiannya) sebagai kota yang dasarnya berbentuk bujur sangkar dan dikelilingi oleh tembok yang terbuat dari yaspis. Tinggi, panjang, dan lebar kota tersebut memiliki dimensi yang sama – yaitu 12,000 stadia.

Saya melihat konsep Anak Domba sebagai pewaris atau pemilik sah kota Yerusalem, sebenarnya, ada kecenderungan senada dengan konsep “Ahlul Bait” dalam tradisi Islam. Dengan kata lain, Anak Domba dapat disebut sebagai “ahl” untuk kota Yerusalem Baru.

Dan oleh karena bait suci ketiga yang dibangun menjelang akhir zaman terletak di dalam kota Yerusalem baru, maka, dapat diduga jika ‘Anak Domba’ adalah tokoh penyelamat dunia yang akan muncul di akhir zaman nanti. (pembahasan mengenai hal ini telah saya ulas panjang lebar dalam artikel: Lamed Vav Tzadikim: 36 Orang Saleh yang Mengembara di Bumi.

Demikianlah, Al Mahdi atau ‘Anak Domba’ sebagai Ahlul Bait (secara eksplisit: Bait ketiga) yang hadir di akhir zaman – diisyaratkan Allah dalam Al Quran pada surat Al Ahzab ayat 33 dalam bentuk kalimat “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu…” yang, bisa dikatakan, kalimat tersebut adalah bentuk kalimat naratif untuk kata “piningit“.

Jadi, dapat kita lihat bahwa ada tik-tok antara apa yang diisyaratkan surat Al Ahzab ayat 33 dengan apa yang diisyaratkan Jayabaya dalam wangsitnya. Surat Al Ahzab ayat 33 menyatakannya dalam bentuk kalimat naratif sementara Jayabaya menyatakannya dalam bentuk istilah atau kata. Pada dasarnya semua itu merujuk pada satu sosok yang sama yaitu: Al Mahdi “The Hidden Imam” (Imam Tersembunyi) alias “Satria Piningit” (Satria Tersembunyi).

Sekian. Semoga bermanfaat. Salam.

Author: fadlybahari

Penjelajah dan Pengumpul Esensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: