Tanna Tuwa, Nama Melayu untuk Negara Paling Terpencil di Jantung Asia

1 Shares
Reading Time: 6 minutes

“Tanna Tuwa” yang hari ini dikenal dengan sebutan Republik Tuva terletak di jantung Asia. Tersembunyi di perbatasan antara Rusia dan Mongolia – di wilayah Siberia selatan yang beku dan sunyi. Tuva adalah daerah yang paling terpencil dan paling tidak dikenal dari semua Republik Rusia.

Setelah melalui sejarah yang panjang, Tuva kini merupakan wilayah otonom, merupakan subjek federal dari Negara Federasi Rusia. Berbatasan dengan Republik Altai, Republik Khakassia, Krasnoyarsk Krai, Oblast Irkutsk, dan Republik Buryatia di Rusia dan Mongolia di selatan. Ibukotanya bernama Kyzyl. 

Ada banyak alternatif nama untuk Tuva, antara lain: Narodnaya Tuvinskaya Respublika, T’ang-nu-wu-liang-hai, Tanna Tuwa, Tannu Tuva, Tannu-Tuvinskaya Respublika, Tuva, Tuva Autonomous Region, Tuvinian People’s Republic, Tuvinian People’s Republic, Tuvinskaya Narodnaya Respublika, T’ang-nu-wu-liang-hai, Uriankhai. (sumber di sini)



Sejarah

Dikutip dari halaman Wikipedia, disebutkan bahwa wilayah Tuva pernah di bawah kendali Kekaisaran Xiongnu (209 SM – 93 M), menjadi negara bagian Xianbei Mongolia (93–234), Rouran Khaganate (330–555), Kekaisaran Mongol (1206–1368), Yuan Utara (1368–1691) ), Khotgoid Khanate dan Zunghar Khanate (1634–1758). (sumber di sini)



Dari 1758-1911 Tuva bagian dari Mongolia namun berada di bawah pemerintahan Manchu. Di tahun 1914, Tsar Rusia (Tsar Nicholas II) menetapkan Tuva di bawah protektorat Rusia dikenal dengan nama Uryankhay Kray.

Teman-teman, dukung saya dengan subcribe di Channel Youtube ini... itu akan sangat membantu channel Youtube ini untuk terus berkembang. Terima kasih!

Dari Juli 1919 hingga Februari 1920, Tentara Merah komunis mengendalikan Tuva tetapi dari 19 Februari 1920 hingga Juni 1921 ditempati oleh China (gubernurnya adalah Yan Shichao [transliterasi tradisional, Wade-Giles: Yan Shi-ch’ao]). 

Pada 14 Agustus 1921, kaum Bolshevik mendirikan Republik Rakyat Tuvan, yang populer disebut Tannu-Tuva. Pada tahun 1926, ibukota (Belotsarsk; Khem-Beldyr sejak 1918) berganti nama menjadi Kyzyl, yang berarti “merah”. 

Tuva secara de jure adalah negara merdeka antara “Perang Dunia” (periode antara akhir Perang Dunia Pertama pada bulan November 1918 dan awal Perang Dunia Kedua pada bulan September 1939). 

Pada tahun 1929, Perdana Menteri pertama Republik Rakyat Tuvan, Donduk, mengalami kudeta yang dilakukan oleh lima lulusan Tuvan muda dari Universitas Komunis Moskow Toilers of the East.  Donduk Kuular dicopot dari kekuasaan dan ditangkap oleh Soviet. Lalu, Salchak Toka, pemimpin Partai Revolusi Rakyat Tuvan, menjadi penguasa de facto Tuva (setelah Donduk Kuular), ia berkuasa hingga kematiannya pada tahun 1973. 

Tuva menjadi bagian dari Uni Soviet pada tahun 1944, dengan persetujuan dari Little Khural (parlemen) Tuva – menjadi republik otonom dalam RSFSR setelah kemenangan Soviet dalam Perang Dunia II. 

Tuva menjadi Oblast Otonom Tuvan dan, kemudian, Tuva Otonomi Republik Sosialis Soviet pada 10 Oktober 1961. Terakhir, Republik Tuva resmi terbentuk sebagai bagian dari Federasi Rusia pada 31 Maret 1992.



1 Shares