Pulau “Serendip Asli”, Letak Gua Adam Sesungguhnya

Dalam tulisan sebelumnya (Sosok Nabi Idris di Berbagai Tradisi Agama dan Mitologi, serta Rahasia yang Meliputinya) telah saya ungkap mengenai adanya surat anonim dari Abu’l Hasan ibn Arfa Ra’s yang bercerita tentang Henokh (Nabi Idris). 1789 – 17 Februari 1854 

Surat anonim tersebut penting karena memuat beberapa informasi yang, secara pribadi saya anggap cukup valid.

Untuk memudahkan pembaca mengikuti pembahasan kali ini, berikut, kembali saya kutip tulisan tersebut:

Nama asli Hermes adalah Ahnu (Henokh). Dia adalah seorang penghuni di dataran tinggi Cina, seperti yang ditunjukkan oleh penulis “Partikel Emas”, di mana dia mengatakan penambangan dijaga oleh Hermes di Cina, dan Ares (mungkin Horus) menemukan cara melindungi pekerjaan itu dari genangan air. Sekarang, Ares tinggal di Cina bagian bawah dan menjadi milik orang India pertama. 

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Ahnu, damai sejahtera atasnya, turun dari dataran tinggi ke dataran rendah Cina ke India dan naik ke lembah sungai di Serendib (yaitu Ceylon), sampai ia tiba di puncak gunung di pulau tempat Adam turun. Begitulah cara dia menemukan gua, yang disebutnya Gua Harta barang berharga.

Dalam bagian ini saya akan lebih fokus membahas toponim kuno ‘Serendib’, pulau yang dipercaya tempat Adam hadir pertama kali di bumi. 

Adapun mengenai kaitan Henokh dengan Hermes (dan beberapa sosok dewa lainnya yang merupakan wujud personifikasi Henokh di masa kuno) silahkan baca pembahasannya di tulisan sebelumnya “Sosok Nabi Idris di Berbagai Tradisi Agama dan Mitologi, serta Rahasia yang Meliputinya

Jejak nama “Serendib” dan “Ceylon”

Dalam buku “The voyage of Francois Pyrard of Laval to the East Indies, the Maldives, the Moluccas and Brazil” ( 1887 : 426-427), Francois Pyrard (1570-1621 atau 1578 – 1623),  seorang navigator Perancis, merinci beberapa sumber kuno terkait informasi mengenai Sri Lanka.

Berikut diantaranya…

Ptolemeus (sekitar 150 M), seorang matematikawan, astronom, ahli ilmu bumi,dan astrolog Yunani,  mengatakan: Di bagian atas Taprobane terletak banyak pulau, dikatakan berjumlah 1.378. 

Ammianus Marcellinus (320-390 M), seorang sejarawan Romawi, mencatat bahwa pada tahun 362, duta besar dari Divis dan Serendivis datang menghadap Kaisar Julian . Bentuk nama Serendivi ini yang oleh banyak kalangan dianggap sebagai bentuk yang sangat mirip dengan nama “Serendib” – sebutan yang dikenal dalam versi pedagang Persia dan Arab.

Musa Chorenensis (hidup sekitar 410-490an masehi, adalah seorang historiografi Armenia), berdasarkan informasi yang diduga berasal dari Pappus of Alexandria (seorang matematikawan Yunani kuno), menulis: Taprobane adalah yang terbesar dari semua pulau …. ia juga memiliki pulau-pulau kecil di sekitarnya, berjumlah sekitar 1.372. (Jumlah ini hanya selisih enam dari jumlah pulau yang disebut Ptolemeus).

Author: fadlybahari

Penjelajah dan Pengumpul Esensi

One thought on “Pulau “Serendip Asli”, Letak Gua Adam Sesungguhnya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s