Apa itu Emerald Tablet?

Stephen King, penulis novel kontemporer Amerika bergenre horor, fiksi ilmiah, dan fantasi, yang karyanya telah sukses terjual lebih dari 350 juta eksemplar di seluruh dunia, baru-baru ini merekomendasikan serial Netflix ‘Dark’ sebagai tontonan yang bermanfaat melalui akun twitternya @StephenKing.

“DARK (Netflix) gelap dan kompleks … dan … yah … sangat Jerman. Pertunjukan yang luar biasa. Jika Anda bingung, buka MetaWitches dan lihat rekap Metacrone. Terperinci dan bermanfaat,” ungkapannya.

‘Dark’ memang berhasil memukau penonton di seluruh dunia dengan tema, dan terutama alur ceritanya yang cukup memaksa penontonnya mengikuti perkembangannya secara waspada.

‘Dark’ dibandingkan dengan ‘Stranger Things’ (juga merupakan serial Netflix), terutama karena ide cerita tentang anak-anak yang hilang, konspirasi pemerintah, dan kilas balik ke tahun 80-an, sepertinya telah bekerja sangat baik dalam membantu promosi film serial ini. Namun demikiam, ulasan yang bermunculan sejauh ini, rata-rata menggambarkan jika serial ‘Dark’ lebih canggih.

Mengenai aspek Sains fiksi yang diusung, ‘Dark’ mengadopsi konsep “lubang cacing” untuk dapat melakukan perjalanan waktu, dan menonjolkan “Partikel  Tuhan” (dikenal sebagai Higgs boson dalam dunia fisika) sebagai solusi untuk itu.

Tapi yang menarik adalah, munculnya artefak kuno “Emerald Tablet”, sebagai  hal yang melatarbelakangi dilakukannya perjalanan waktu dalam serial ini.

Dalam ‘Dark’, Emerald Tablet diyakini dapat mengungkap rahasia Alkimia, dan menyimpan jawaban tentang esensi semua materi atau “Prima materia”. Keyakinan semacam ini memang berkembang di kalangan Alkemis di abad pertengahan.

Dan nampaknya, Partikel Tuhan-lah yang dianggap sebagai partikel kunci untuk wacana pembuatan portal yang memungkin perjalanan waktu dapat dilakukan ke tanggal yang diinginkan.

Hal lain yang menjadikan serial ‘Dark’ semakin “dark”, adalah penggunaan teks esoterik berbahasa latin “Sic mundus creatus est” yang memang terdapat dalam Emerald Tablet. Arti kalimat ini: “dengan Demikian (seperti itu), dunia diciptakan”. Selain itu “Sic Mundus” juga menjadi nama sebuah perkumpulan rahasia dalam serial ini.

Penggambaran Tablet Zamrud abad ke-17 yang imajinatif dari karya Heinrich Khunrath, 1606

Jadi, Apa itu Emerald Tablet?

Emerald Tablet, juga dikenal sebagai Smaragdine Tablet, atau Tabula Smaragdina, adalah teks kebijaksanaan kuno yang mengandung rahasia prima materia. Naskah ini sangat dihormati oleh alkemis Eropa sebagai dasar seni mereka dan tradisi Hermetiknya. 

Sumber asli Emerald Tablet tidak diketahui. Meskipun demikian, Hermes Trismegistus tertulis sebagai nama penulis dalam teks tersebut. Sebagaimana kita ketahui, Hermes dianggap sinkron dengan Dewa kebijaksanaan Mesir kuno, Thoth, dan dikenal sebagai Enoch atau Idris dalam agama Samawi.

Meskipun tablet ini diklaim ditulis menggunakan karakter Fenisia kuno, namun sumber teks tertua yang terdokumentasi, menunjukkan teks ini berbahasa Arab, ditulis antara abad keenam dan kedelapan masehi, yakni dalam “Kitab Balaniyus al-Hakim fi’l-`Ilal Kitab sirr al-aliqa” (Kitab Balanius yang bijak tentang Penyebab atau kitab rahasia penciptaan dan hakikat realitas).

Dalam bukunya, Balinas (Balanius) membingkai Tablet Zamrud sebagai kebijaksanaan Hermetik kuno. Dia memberi tahu pembacanya bahwa dia menemukan teks di lemari besi di bawah patung Hermes di Tyana, dan di dalam lemari besi itu, mayat tua di atas takhta emas memegang Emerald Tablet.

Berikut ini kurang lebih bunyi terjemahan teks dalam Emerald Tablet tersebut:

  1. Saya tidak berbicara tentang hal-hal fiktif tetapi tentang apa yang paling pasti dan benar.
  2. Apapun yang di bawah adalah seperti yang di atas, dan yang di atas mirip dengan yang di bawah untuk mencapai keajaiban satu hal.
  3. Dan karena segala sesuatu telah dan bangkit dari satu melalui satu, maka semua hal terlahir dari hal satu ini dengan adaptasi.
  4. Ayahnya adalah matahari, ibunya bulan; angin membawanya di perutnya, bumi adalah perawatnya. Bapak dari semua kesempurnaan di seluruh dunia ada di sini. Kekuatannya sempurna, jika diubah menjadi bumi.
  5. Pisahkan bumi dari api, yang halus dari yang kasar, bertindak dengan bijaksana dan dengan pertimbangan. 
  6. Naik dengan kecerdasan terbesar dari bumi ke surga, dan kemudian turun lagi ke bumi, dan satukan bersama kekuatan dari hal-hal yang lebih tinggi dan yang lebih rendah.
  7. Dengan demikian Anda akan memiliki kemuliaan seluruh dunia, dan semua ketidakjelasan akan terbang jauh dari Anda.
  8. Benda ini memiliki lebih banyak ketabahan daripada ketabahan itu sendiri, mengalahkan setiap benda halus dan menembus setiap benda padat.
  9. Dengan demikian (seperti itulah) dunia ini diciptakan.
  10. Maka terjadilah hal-hal menakjubkan yang dengan kebijaksanaan ini didirikan.
  11. Untuk alasan ini saya dipanggil Hermes Trismegistus, karena saya memiliki tiga bagian dari filosofi seluruh dunia.
  12. Lengkaplah apa yang saya harus katakan tentang pengoperasian matahari.

Semua ungkapan dalam teks ini jelas berbentuk bahasa simbol, dan tentunya sulit untuk mengartikan maknanya secara pasti. 

Author: fadlybahari

Penjelajah dan Pengumpul Esensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s