Nikmati Hidupmu dan Sesekali Jadilah Penyelamat Dunia!

Jika anda bertanya pada anak anda: “mau jadi apa ia ketika besar nanti?” lalu jika ia menjawab ingin menjadi Tony Stark si Iron Man, maka, untuk jawaban itu anda mungkin sebaiknya bahagia dan bersyukur. 

Karena keinginan anak anda itu sesungguhnya adalah bentuk ideal yang diinginkan Tuhan bagi manusia dalam menjalani hidup di dunia ini.

Karakter tokoh fiktif Tony Stark yang terlihat tahu benar cara menikmati hidupnya, lalu di sisi lain sesekali menjadi sosok pahlawan yang dalam aksinya senantiasa siap mengorbankan segala yang ia miliki bahkan nyawanya sekalipun demi keselamatan orang banyak, adalah dua hal yang diinginkan Tuhan untuk dilakukan manusia dalam kehidupannya di dunia.

Dalam ajaran agama sendiri, misalnya pada tradisi Kristen maupun Islam, pembahasan bahwa Tuhan menginginkan manusia menikmati hidupnya, dapat kita temukan tersirat di beberapa ayat dalam kitab suci. Misalnya sebagai berikut…

Di dalam Alkitab disebutkan: Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati. ( 1 Timotius 6:17)

Di dalam Al-Quran disebutkan: Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik, kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan. (Surah al-Qashash :77).

Bunyi surat Al-Qashash ayat 77 di atas bahkan bisa dikatakan secara jelas menyiratkan dua poin utama yang tengah kita bahas; yaitu agar manusia selain menikmati hidupnya di dunia, juga saling berbuat baik dan tentunya saling tolong-menolong.

Jadi, ketika anak anda mengatakan ingin jadi Iron Man, hal yang perlu anda lakukan pada saat itu adalah memasuki dunia imajinasinya untuk kemudian membimbingnya mengenal dan memahami nilai-nilai moral yang harus ditegakkan seorang super hero dalam skala yang paling sederhana dan dapat ia saksikan dalam kehidupan nyata, yaitu menjadi pahlawan untuk orang terdekatnya, seperti orang tua, saudara, dan teman-temannya.

Author: fadlybahari

Penjelajah dan Pengumpul Esensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s