Interpretasi Makna 786 Jumlah Gematria Basmalah, Menggunakan Rasio Emas Fibonacci

Gematria adalah kode alfanumerik untuk menetapkan nilai numerik suatu nama, kata atau frase. Konsep ini umum kita temukan digunakan dalam tradisi Yahudi, bahkan hingga hari ini. Oleh karena itu, sebagian besar orang menganggap jika Gematria berasal dari tradisi Yahudi.

Dokumentasi tertua yang ditemukan sejauh ini yang menunjukkan penggunaan Gematria adalah, prasasti Asiria yang berasal dari abad ke-8 SM. Dalam prasasti ini, Sargon II menyatakan: “raja membangun tembok Khorsabad sepanjang 16.283 hasta agar sesuai dengan nilai numerik namanya.”

Dalam tradisi Islam, ada sebagian kalangan yang biasanya menuliskan kalimat basmalah dengan angka 786. Ini merujuk pada penghitungan jumlah gematria huruf dalam tulisan basmalah (lihat gambar di bawah)

(dokpri)
Tabel Gematria untuk aksara Arab (sumber: submission.org)

Pada hari ini, untuk keringkasan dalam komunikasi online, muslim di Pakistan dan India diketahui biasanya menuliskan 786 untuk menyebut bismillah.

Dalam tradisi muslim di Nusantara, membaca basmalah sebanyak 786 dalam sehari dipercaya memiliki khasiat tertentu, seperti dapat menglariskan dagangan atau terpenuhi suatu hajat.

Interpretasi Makna

Bisa dikatakan kalimat Bismillahirahmanirahim terdiri dari 4 bagian yaitu:

  • Bismi (atas nama) – jumlah Gematria 102
  • Allah (Allah) – jumlah Gematria 66
  • al-Rahman (Pengasih) – jumlah Gematria 329
  • al-Rahim (Penyayang) – jumlah Gematria 289

Jika kita bagi dalam dua kelompok, hasilnya;

  • BismiAllah = 168
  • al-Rahman al-Rahim = 618

Lalu, adakah makna dibalik angka 168 dan 618? Jawabnya, ada.

Dalam tulisan “Rahasia Angka 168 dan Akhir Zaman” saya telah membahas rahasia di balik angka 168, yaitu merupakan jumlah menit “waktu langit” seluruh waktu kehidupan manusia di dunia. Ini berdasarkan hitungan perbandingan waktu yang diinformasikan dalam Qs. Al Ma’aarij ayat 4:  Malaikat-malaikat dan Jibril naik (menghadap) kepada Tuhan dalam sehari yang kadarnya lima puluh ribu tahun.

Dalam perjalanan waktu, kesakralan angka 168 dapat kita temukan terekam dalam jumlah titik dalam lembaran permainan domino.

(dokpri)

Dalam tradisi Cina, angka 168 dianggap angka keberuntungan, karena kira-kira homofon dengan frase “yi lu fa“, yang berarti “keberuntungan sepanjang jalan”.

Untuk Pembahasan lebih lengkap mengenai rahasia 168 silakan baca artikel ini: “Rahasia Angka 168 dan Akhir Zaman“.

Adapun mengenai angka 618, ini adalah jumlah angka di belakang koma pada rasio Fibonacci. Rasio Fibonacci adalah: 1,618.

Author: fadlybahari

Penjelajah dan Pengumpul Esensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s