Sejarah Jasa Pengiriman Barang, Masa Kuno hingga Era Industri 4,0

Jasa pengiriman barang bisa dikatakan merupakan salah satu aktifitas budaya tertua yang dimiliki manusia. Walaupun sangat sulit menentukan waktu kapan pertama kali kegiatan pengiriman barang mulai dilakukan, namun setidaknya kita dapat menemukan hal ini tersirat dibahas dalam berbagai catatan kuno.

Misalnya yang terdapat dalam Kitab Ibrani, Raja-raja Pertama (Pasal 9 ayat 26-27), yang menceritakan upaya Nabi Sulaiman membangun armada dagang agar dapat mendatangkan barang-barang yang dibutuhkan bangsa Ibrani. Dalam Kitab ini diceritakan bahwa untuk mewujudkan harapan tersebut, Nabi Sulaiman meminta bantuan pada Hiram, Raja Shur, agar menjalankan armadanya sekaligus melatih bangsa Ibrani mengarungi lautan.

Hiram yang membantu Sulaiman membuat armada laut, adalah Raja Phoenicia dari Tirus (nama lain dari Sour atau Shur) menurut Kitab Ibrani. Hiram (huram atau horam) adalah juga bersekutu dengan Daud. Hiram banyak membantu Daud dalam pembangunan Istananya dengan mengirimkannya pekerja-pekerja yang terampil. Setelah kematian Daud, Hiram masuk ke dalam aliansi Sulaiman, yang sangat membantunya dalam membangun bait suci.

Sejarah banyak mencatat Phoenicia sebagai bangsa maritim ulung yang melakukan pelayaran lintas benua dalam mengorkestrai perdagangan antar bangsa di masa kuno. 

Berbagai temuan arkeologi membuktikan bahwa orang Fenesia tidak hanya menavigasi kawasan Timur Tengah hingga Mediterania, tetapi juga hingga ke wilayah Britania. 

Hal ini, sebagaimana yang diungkap oleh L. A. Waddell (1925), dalam bukunya “The Phoenician Origin of Britons, Scots & Anglo-Saxons” sebagai berikut : “…sekarang ditemukan bahwa agama agung dari Aryan Phoenicians, yang disebut ‘penyembahan-matahari,’ dengan etika dan keyakinannya yang luhur tentang adanya kehidupan selanjutnya, yakni kebangkitan dari kematian, secara luas lazim di awal Inggris hingga era Kristen.”

Marsha E. Ackermann, dkk. dalam buku Encyclopedia Of World History mengatakan: “…bangsa yang sangat mempengaruhi peradaban lain melalui perjalanan mereka adalah orang-orang Fenisia, orang-orang pelaut dan petualang dari Lebanon modern yang menetap hingga sejauh Inggris dan bahkan menjelajahi sekitar Tanduk Afrika. Orang-orang Fenisia diyakini berlayar dari Lebanon (…) ke Inggris untuk timah, dan dicatat oleh orang-orang Romawi.”

Catatan tentang Bangsa Tirus yang oleh para ahli diidentifikasi sebagai bangsa Fenesia atau Phoenicia, dapat pula ditemukan disebutkan dalam Alkitab Yehezkiel. Antara lain, sebagai berikut:

  • Yehezkiel 27:12 — Tarsis  berdagang dengan engkau dalam segala macam harta yang banyak; mereka menukarkan perak, besi, timah putih dan timah hitam ganti barang-barangmu.
  • Yehezkiel 27:13 — Yawan, Tubal dan Mesekh berdagang dengan engkau; mereka menukarkan budak-budak, barang-barang tembaga ganti barang-barang daganganmu.
  • Yehezkiel 27:14 — Dari Bet-Togarma mereka menukarkan kuda kereta, kuda tunggang dan bagal ganti barang-barangmu.
  • Yehezkiel 27:15 — Orang Rodos berdagang dengan engkau, banyak daerah pesisir menjadi daerah pasaranmu; mereka membawa kepadamu tulang gading dan kayu arang sebagai upeti.
  • Yehezkiel 27:16 — Edom berdagang dengan engkau karena banyaknya hasil-hasilmu; mereka menukarkan permata batu darah, kain ungu muda, pakaian berwarna-warna, kain lenan halus, karang dan batu delima ganti barang-barangmu.
  • Yehezkiel 27:17 — Yuda dan tanah Israel berdagang dengan engkau; mereka menukarkan gandum dari Minit, mur, madu, minyak dan balsam ganti barang-barang daganganmu.
  • Yehezkiel 27:18 — Damsyik berdagang dengan engkau karena banyaknya hasil-hasilmu, karena segala macam barangmu yang banyak. Anggur dari Helbon, bulu domba dari Sakhar,
  • Yehezkiel 27:19 — Dan anggur ditukarkan mereka ganti barang-barangmu; besi yang sudah dikerjakan dari Uzal, kayu teja dan tebu ada di antara barang-barang daganganmu.
  • Yehezkiel 27:20 — Dedan berdagang dengan engkau dalam kulit pelana untuk menunggang kuda.
  • Yehezkiel 27:21 — Arab dan semua pemuka Kedar berdagang dengan engkau dalam anak domba, domba jantan dan kambing jantan; dalam hal-hal itulah mereka berdagang dengan engkau.
  • Yehezkiel 27:22 — Pedagang Syeba dan Raema berdagang dengan engkau; mereka menukarkan yang terbaik dari segala rempah-rempah dan segala batu permata yang mahal-mahal dan emas ganti barang-barangmu.
  • Yehezkiel 27:23 — Haran, Kane, Eden, Asyur dan Kilmad berdagang dengan engkau.
  • Yehezkiel 27:24 — Mereka berdagang di pasar-pasarmu dalam jubah-jubah yang maha indah, kain ungu tua, pakaian yang berwarna-warni, permadani yang beraneka warna dan tali berpilin yang teguh.
  • Yehezkiel 27:25 — Kapal-kapal Tarsis membawa barang-barang dagangan ini bagimu. Penuh dengan muatan berat engkau di tengah lautan.

Author: fadlybahari

Penjelajah dan Pengumpul Esensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s