Petaka Alam pada Masa Nabi Ibrahim yang Berdampak Global

1 Shares
Reading Time: 8 minutes

Pada umumnya  para cendikiawan berpendapat masa hidup Nabi Ibrahim adalah di sekitar tahun 2200 SM, atau sekitar 4200 tahun yang lalu.

Ini misalnya disampaikan oleh Dr. Jerald F. Dirks, seorang yang awalnya pendeta kemudian memilih masuk Islam, dan merupakan ahli perbandingan agama dari Amerika, memperkirakan Nabi Ibrahim lahir pada sekitar tahun 2166 SM. [Mu’arif: Monoteisme Samawi Autentik, 2018: 72]

Tahun kehidupan Nabi Ibrahim ini bisa dikatakan sezaman dengan saat terjadinya serangkaian bencana besar yang melanda hampir di seluruh wilayah muka bumi, yang dampaknya berlangsung hingga 200 tahun kemudian.





Berikut ini beberapa pernyataan yang diberikan para ilmuwan dunia terkait bencana besar tersebut.

Barry Setterfield, seorang ahli fisika, geologi, dan astronomi Amerika, menyampaikan dalam situs resminya bahwa: “Ada beberapa bukti peristiwa di seluruh dunia dalam interval antara 2500 SM dan 2200 SM yang mungkin bertanggung jawab atas penghancuran sejumlah peradaban dan budaya yang signifikan”.

Teman-teman, dukung saya dengan subcribe di Channel Youtube ini... itu akan sangat membantu channel Youtube ini untuk terus berkembang. Terima kasih!

Dalam artikel John Noble Wilford “Collapse of Earliest Known Empire Is Linked to Long, Harsh Drought” (The Times, 24 Agustus 1993), disebutkan bahwa sebuah tim arkeolog, geolog, dan ilmuwan tanah telah menemukan bukti yang tampaknya memecahkan misteri penyebab keruntuhan tiba-tiba kekaisaran Akkadia sekitar 4200 tahun lalu. 

Kekaisaran Akkadia, menurut mereka, dilanda kekeringan 300 tahun dan benar-benar mengering. Sebuah analisis mikroskopis kelembaban tanah di reruntuhan kota-kota Akkadian di tanah pertanian utara mengungkapkan bahwa serangan kekeringan berlangsung cepat dan konsekuensinya parah, mulai berlangsung sekitar 2200 SM. 

“Ini adalah pertama kalinya perubahan iklim tiba-tiba secara langsung dikaitkan dengan runtuhnya peradaban yang berkembang,” kata Dr. Harvey Weiss, arkeolog Universitas Yale dan pemimpin tim peneliti Amerika-Prancis.

Dr Weiss mengatakan kesimpulan itu didasarkan pada pengujian tanah terutama di lokasi tiga kota Akkadian dalam radius 30 mil, tempat-tempat yang sekarang dikenal sebagai Tell Leilan, Tell Mozan, dan Tell Brak di Suriah saat ini. Bukti perubahan iklim serupa ditemukan di daerah yang berdekatan.

Selain itu, melalui pengamatan keramik dan artefak lainnya sebagai pelacakan bukti keberadaan orang Akkadia di Tell Leilan dan kota-kota utara lainnya, menunjukkan fakta pada para arkeolog tentang adanya kesenjangan 300 tahun dalam pendudukan manusia di Tell Leilan dan kota-kota tetangga. Interval tanpa tanda-tanda aktivitas manusia tersebut dimulai sekitar tahun 2200 SM. 



1 Shares

One Comment on “Petaka Alam pada Masa Nabi Ibrahim yang Berdampak Global”

Comments are closed.