Etimologi Kata Language, Sebuah Kata Kuno dari Indonesia

lingua
0 Shares
Reading Time: 2 minutes

Ini semestinya dapat menjadi pertimbangan serius bagi pendapat sanggahan yang mungkin akan timbul, yang ingin mengasumsikan keberadaan kata lenguh dalam bahasa Indonesia dan lingua’ dalam bahasa tae’ sebagai hasil serapan setelah kedatangan bangsa Eropa ke Nusantara.

Walaupun kata Lenguh ataupun lingua’ terinspirasi dari suara lembu atau kerbau, namun ini tidak bisa dilihat sebagai bentuk kebenaran dari “Teori Kontinuitas,” yang mana teori ini dibangun di atas gagasan bahwa bahasa menunjukkan begitu banyak kompleksitas sehingga orang tidak dapat membayangkannya muncul begitu saja dari ketiadaan dalam bentuk akhirnya; karena itu ia harus berevolusi dari sistem pra-linguistik sebelumnya di antara leluhur primata kita (James R. Hurford; Michael Studdert-Kennedy; Chris Knight, eds. Approaches to the evolution of language… – Cambridge University Press, 1998.)



Adapun “Teori diskontinuitas” mengambil pendekatan sebaliknya – bahasa tidak dapat dibandingkan dengan apa pun yang ditemukan di antara non-manusia, pasti muncul secara tiba-tiba selama evolusi manusia. Noam Chomsky adalah pendukung terkemuka teori ini. 

Secara pribadi, dalam lingkup pembahasan “asal bahasa” saya sepenuhnya sepakat dengan “Teori diskontinuitas” ini.

baca artikel terkait:

Teman-teman, dukung saya dengan subcribe di Channel Youtube ini... itu akan sangat membantu channel Youtube ini untuk terus berkembang. Terima kasih!

Jejak Bahasa Kuno: kata ‘food’ (Inggris: makanan) dan ‘vootu’ (Tamil: makanan) identik dengan kata ‘pudu’ (bahasa Tae‘ di sulawesi selatan: mulut)

0 Shares