Mencermati Bait Bagian Akhir Ramalan Jayabaya, dan Relevansinya Dengan Situasi Masa Sekarang (bag. 3)

0 Shares
Reading Time: 11 minutes

Ramalan Jayabaya atau sering juga disebut Jangka Jayabaya adalah ramalan yang populer dan dilestarikan secara turun temurun dalam tradisi Jawa.

Sesuai namanya, ramalan ini dipercaya ditulis oleh Jayabaya, raja Kediri.  Asal usul utama serat ramalan Jayabaya dapat dilihat pada kitab Musasar yang digubah oleh Sunan Giri Prapen. 

Ada beberapa kalangan yang berpendapat bahwa ramalan Jayabaya sebenarnya disusun para resi di masa itu, hanya saja mereka mengatasnamakan Jayabaya sebagai penulisnya.



Dalam pandangan saya, isi ramalan Jayabaya merupakan sebuah “peringatan dini” tentang apa yang akan terjadi di masa mendatang. Jadi ia mengemban misi penting seperti halnya dengan naskah-naskah bergenre apokaliptik lainnya.

Beberapa isinya pun telah banyak terbukti benar. Salah satu isi ramalan Jayabaya yang menarik perhatian saya adalah yang mengisyaratkan menyebut negara Rusia. Berikut ini bunyi kalimatnya:

Teman-teman, dukung saya dengan subcribe di Channel Youtube ini... itu akan sangat membantu channel Youtube ini untuk terus berkembang. Terima kasih!

Banjur ana Ratu duwe pengaruh lan duwe prajurit Lan duwe prajurit, negarane ambane saprawolon = Lalu datang Raja berpengaruh dan punya prajurit, (yang) lebar negerinya seperdelapan dunia.

Di muka bumi ini, hanya Rusia saja negara yang memiliki luas wilayah yang persis seperdelapan luas daratan bumi. Hal ini menjadikan mereka sebagai negara dengan luas wilayah terluas di dunia. (lihat info selengkapnya di wikipedia).

Dalam ramalan Jayabaya tersebut dikatakan bahwa Presiden Rusia datang berkunjung. Pertengahan tahun 2020 barusan sebenarnya ada agenda kunjungan Presiden Putin ke Indonesia, hanya saja “katanya” karena situasi politik yang berkembang di Rusia, kunjungan tersebut di tunda untuk waktu yang tidak ditentukan.

Jika mencermati urutan ramalan Jayabaya, posisi kalimat tentang kunjungan presiden Rusia memang berada di antara kalimat-kalimat ramalan yang cukup relevan dengan situasi tanah air terkini.

Silakan pembaca cermati urutan kalimat ramalan Jayabaya di bawah ini yang saya sadur dari wikipedia. Ramalan tentang kedatangan presiden Rusia berada pada ayat 135-138.

  1. Besuk yen wis ana kreta tanpa jaran —> Kelak jika sudah ada kereta tanpa kuda.
  2. Tanah Jawa kalungan wesi —> Pulau Jawa berkalung besi.
  3. Prahu mlaku ing dhuwur awang-awang —> Perahu berjalan di angkasa.
  4. Kali ilang kedhunge —> Sungai kehilangan mata air.
  5. Pasar ilang kumandhang —> Pasar kehilangan suara.
  6. Iku tandha yen tekane zaman Jayabaya wis cedhak —> Itulah pertanda zaman Jayabaya telah mendekat.
  7. Bumi saya suwe saya mengkeret —> Bumi semakin lama semakin mengerut.
  8. Sekilan bumi dipajeki —> Sejengkal tanah dikenai pajak.
  9. Jaran doyan mangan sambel —> Kuda suka makan sambal.
  10. Wong wadon nganggo pakeyan lanang —> Orang perempuan berpakaian lelaki.
  11. Iku tandhane yen wong bakal nemoni wolak-waliking zaman —> Itu pertanda orang akan mengalami zaman berbolak-balik.
  12. Akeh janji ora ditetepi —> Banyak janji tidak ditepati.
  13. Akeh wong wani nglanggar sumpahe dhewe —> Banyak orang berani melanggar sumpah sendiri.
  14. Manungsa padha seneng nyalah —> Orang-orang saling lempar kesalahan.
  15. Ora ngendahake hukum Hyang Widhi —> Tak peduli akan hukum Hyang Widhi.
  16. Barang jahat diangkat-angkat —> Yang jahat dijunjung-junjung.
  17. Barang suci dibenci —> Yang suci (justru) dibenci.
  18. Akeh manungsa mung ngutamakke dhuwit —> Banyak orang hanya mementingkan uang.
  19. Lali kamanungsan —> Lupa jati kemanusiaan.
  20. Lali kabecikan —> Lupa hikmah kebaikan.
  21. Lali sanak lali kadang —> Lupa sanak lupa saudara.
  22. Akeh bapa lali anak —> Banyak ayah lupa anak.
  23. Akeh anak wani nglawan ibu —> Banyak anak berani melawan ibu.
  24. Nantang bapa —> Menantang ayah.
  25. Sedulur padha cidra —> Saudara dan saudaratidak adil.
  26. Akeh pangkat sing jahat lan ganjil —> Banyak pejabat jahat dan ganjil
  27. Akeh kelakuan sing ganjil —> Banyak ulah-tabiat ganjil
  28. Wong apik-apik padha kapencil —> Orang yang baik justru tersisih.
  29. Akeh wong nyambut gawe apik-apik padha krasa isin —> Banyak orang kerja halal justru merasa malu.
  30. Luwih utama ngapusi —> Lebih mengutamakan menipu.
  31. Wegah nyambut gawe —> Malas untuk bekerja.
  32. Kepingin urip mewah —> Inginnya hidup mewah.
  33. Ngumbar nafsu angkara murka, nggedhekake duraka —> Melepas nafsu angkara murka, memupuk durhaka.
  34. Wong bener thenger-thenger —> Orang (yang) benar termangu-mangu.
  35. Wong salah bungah —> Orang (yang) salah gembira ria.
  36. Wong apik ditampik-tampik —> Orang (yang) baik ditolak ditampik (diping-pong).
  37. Wong jahat munggah pangkat —> Orang (yang) jahat naik pangkat.
  38. Wong agung kasinggung —> Orang (yang) mulia dilecehkan
  39. Wong ala kapuja —> Orang (yang) jahat dipuji-puji.
  40. Wong wadon ilang kawirangane —> perempuan hilang malu.
  41. Wong lanang ilang kaprawirane —> Laki-laki hilang jiwa kepemimpinan.
  42. Akeh wong lanang ora duwe bojo —> Banyak laki-laki tak mau beristri.
  43. Akeh wong wadon ora setya marang bojone —> Banyak perempuan ingkar pada suami.
  44. Akeh ibu padha ngedol anake —> Banyak ibu menjual anak.
  45. Akeh wong wadon ngedol awake —> Banyak perempuan menjual diri.
  46. Akeh wong ijol bebojo —> Banyak orang gonta-ganti pasangan.
  47. Wong wadon nunggang jaran —> Perempuan menunggang kuda.
  48. Wong lanang linggih plangki —> Laki-laki naik tandu.
  49. Randha seuang loro —> Dua janda harga seuang (Red.: seuang = 8,5 sen).
  50. Prawan seaga lima —> Lima perawan lima picis.
  51. Dhudha pincang laku sembilan uang —> Duda pincang laku sembilan uang.
  52. Akeh wong ngedol ngelmu —> Banyak orang berdagang ilmu.
  53. Akeh wong ngaku-aku —> Banyak orang mengaku diri (mengklaim diri “sebagai”).
  54. Njabane putih njerone dhadhu —> Di luar putih di dalam jingga.
  55. Ngakune suci, nanging sucine palsu —> Mengaku suci, tapi palsu belaka.
  56. Akeh bujuk akeh lojo—> Banyak tipu banyak muslihat.
  57. Akeh udan salah mangsa—> Banyak hujan salah musim.
  58. Akeh prawan tuwa—> Banyak perawan tua.
  59. Akeh randha nglairake anak—> Banyak janda melahirkan bayi.
  60. Akeh jabang bayi lahir nggoleki bapakne—> Banyak anak lahir mencari bapaknya.
  61. Agama akeh sing nantang—> Agama banyak ditentang.
  62. Prikamanungsan saya ilang—> Perikemanusiaan semakin hilang.
  63. Omah suci dibenci—> Rumah suci dijauhi.
  64. Omah ala saya dipuja—> Rumah maksiat makin dipuja.
  65. Wong wadon lacur ing ngendi-endi—> Perempuan lacur dimana-mana.
  66. Akeh laknat—> Banyak kutukan.
  67. Akeh pengkianat—> Banyak pengkhianat.
  68. Anak mangan bapak—> Anak makan bapak.
  69. Sedulur mangan sedulur—> Saudara makan saudara.
  70. Kanca dadi mungsuh—> Kawan menjadi lawan.
  71. Guru disatru—> Guru dimusuhi.
  72. Tangga padha curiga—>Tetangga saling curiga.
  73. Kana-kene saya angkara murka —> Angkara murka semakin menjadi-jadi.
  74. Sing weruh kebubuhan—> Barangsiapa tahu terkena beban.
  75. Sing ora weruh ketutuh—> Sedang yang tak tahu disalahkan.
  76. Besuk yen ana peperangan—> Kelak jika terjadi perang.
  77. Teka saka wetan, kulon, kidul lan lor—> Datang dari timur, barat, selatan, dan utara.
  78. Akeh wong becik saya sengsara—> Banyak orang baik makin sengsara.
  79. Wong jahat saya seneng—> Sedang yang jahat makin bahagia.
  80. Wektu iku akeh dhandhang diunekake kuntul—> Ketika itu burung gagak dibilang bangau.
  81. Wong salah dianggep bener—> Orang salah dipandang benar.
  82. Pengkhianat nikmat—> Pengkhianat nikmat.
  83. Durjana saya sempurna—> Durjana semakin sempurna.
  84. Wong jahat munggah pangkat—> Orang jahat naik pangkat.
  85. Wong lugu kebelenggu—> Orang yang lugu dibelenggu.
  86. Wong mulya dikunjara—> Orang yang mulia dipenjara.
  87. Sing curang garang—> Yang curang berkuasa.
  88. Sing jujur kojur—> Yang jujur sengsara.
  89. Pedagang akeh sing keplarang—> Pedagang banyak yang tenggelam.
  90. Wong main akeh sing ndadi—> Penjudi banyak merajalela.
  91. Akeh barang haram—> Banyak barang haram.
  92. Akeh anak haram—Banyak anak haram.
  93. Wong wadon nglamar wong lanang—> Perempuan melamar laki-laki.
  94. Wong lanang ngasorake drajate dhewe—> Laki-laki memperhina derajat sendiri.
  95. Akeh barang-barang mlebu luang—> Banyak barang terbuang-buang.
  96. Akeh wong kaliren lan wuda—> Banyak orang lapar dan telanjang.
  97. Wong tuku ngglenik sing dodol—> Pembeli membujuk penjual.
  98. Sing dodol akal okol—> Si penjual bermain siasat.
  99. Wong golek pangan kaya gabah diinteri—> Mencari rizki ibarat gabah ditampi.
  100. Sing kebat kliwat—> Yang tangkas lepas.
  101. Sing telah sambat—> Yang terlanjur menggerutu.
  102. Sing gedhe kesasar—> Yang besar tersasar.
  103. Sing cilik kepleset—> Yang kecil terpeleset.
  104. Sing anggak ketunggak—> Yang congkak terbentur.
  105. Sing wedi mati—> Yang takut mati.
  106. Sing nekat mbrekat—> Yang nekat mendapat berkat.
  107. Sing jerih ketindhih—> Yang hati kecil tertindih
  108. Sing ngawur makmur—> Yang ngawur makmur
  109. Sing ngati-ati ngrintih—> Yang berhati-hati merintih.
  110. Sing ngedan keduman—> Yang main gila menerima bagian.
  111. Sing waras nggagas—> Yang sehat pikiran berpikir.
  112. Wong tani ditaleni—> Orang (yang) bertani diikat.
  113. Wong dora ura-ura—> Orang (yang) bohong berdendang.
  114. Ratu ora netepi janji, musna panguwasane–> -Raja ingkar janji, hilang wibawanya.
  115. Bupati dadi rakyat—> Pegawai tinggi menjadi rakyat.
  116. Wong cilik dadi priyayi—> Rakyat kecil jadi priyayi.
  117. Sing mendele dadi gedhe—> Yang curang jadi besar.
  118. Sing jujur kojur—> Yang jujur celaka.
  119. Akeh omah ing ndhuwur jaran—> Banyak rumah di punggung kuda.
  120. Wong mangan wong—> Orang makan sesamanya.
  121. Anak lali bapak—> Anak lupa Ayah.
  122. Wong tuwa lali tuwane—> Orang tua lupa ketuaan mereka.
  123. Pedagang adol barang saya laris—> Jualan pedagang semakin laris.
  124. Bandhane saya ludhes—> Namun harta mereka makin habis.
  125. Akeh wong mati kaliren ing sisihe pangan—> Banyak orang mati lapar di samping makanan.
  126. Akeh wong nyekel bandha nanging uripe sangsara—> Banyak orang berharta tapi hidup sengsara.
  127. Sing edan bisa dandan—> Yang gila bisa bersolek.
  128. Sing bengkong bisa nggalang gedhong—> Si bengkok membangun mahligai.
  129. Wong waras lan adil uripe nggrantes lan kepencil—> Yang waras dan adil hidup merana dan tersisih.
  130. Ana peperangan ing njero—> Terjadi perang di dalam.
  131. Timbul amarga para pangkat akeh sing padha salah paham—> Terjadi karena para pembesar banyak salah faham.
  132. Durjana saya ngambra-ambra—> Kejahatan makin merajalela.
  133. Penjahat saya tambah—> Penjahat makin banyak.
  134. Wong apik saya sengsara—> Yang baik makin sengsara.
  135. Akeh wong mati jalaran saka peperangan—> Banyak orang mati karena perang.
  136. Kebingungan lan kobongan—> Karena bingung dan kebakaran.
  137. Wong bener saya thenger-thenger—> Si benar makin tertegun.
  138. Wong salah saya bungah-bungah—> Si salah makin sorak sorai.
  139. Akeh bandha musna ora karuan lungane—> Banyak harta hilang entah ke mana
  140. Akeh pangkat lan drajat pada minggat ora karuan sababe—> Banyak pangkat dan derajat lenyap entah mengapa.
  141. Akeh barang-barang haram, akeh bocah haram—> Banyak barang haram, banyak anak haram.
  142. Bejane sing lali, bejane sing eling—> Beruntunglah si lupa, beruntunglah si sadar.
  143. Nanging sauntung-untunge sing lali—> Tapi betapapun beruntung si lupa.
  144. Isih untung sing waspada—> Masih lebih beruntung si waspada.
  145. Angkara murka saya ndadi—> Angkara murka semakin menjadi.
  146. Kana-kene saya bingung—> Di sana-sini makin bingung.
  147. Pedagang akeh alangane—> Pedagang banyak rintangan.
  148. Akeh buruh nantang juragan—> Banyak buruh melawan majikan.
  149. Juragan dadi umpan—> Majikan menjadi umpan.
  150. Sing suwarane seru oleh pengaruh—> Yang bersuara tinggi mendapat pengaruh.
  151. Wong pinter diingar-ingar—> Si pandai direcoki.
  152. Wong ala diuja—> Si jahat dimanjakan.
  153. Wong ngerti mangan ati—> Orang yang mengerti makan hati.
  154. Bandha dadi memala—> Hartabenda menjadi penyakit
  155. Pangkat dadi pemikat—> Pangkat menjadi pemukau.
  156. Sing sawenang-wenang rumangsa menang —> Yang sewenang-wenang merasa menang
  157. Sing ngalah rumangsa kabeh salah—> Yang mengalah merasa serba salah.
  158. Ana Bupati saka wong sing asor imane—> Ada raja berasal orang beriman rendah.
  159. Patihe kepala judhi—> Maha menterinya benggol judi.
  160. Wong sing atine suci dibenci—> Yang berhati suci dibenci.
  161. Wong sing jahat lan pinter jilat saya derajat—> Yang jahat dan pandai menjilat makin kuasa.
  162. Pemerasan saya ndadra—> Pemerasan merajalela.
  163. Maling lungguh wetenge mblenduk —> Pencuri duduk berperut gendut.
  164. Pitik angrem saduwure pikulan—> Ayam mengeram di atas pikulan.
  165. Maling wani nantang sing duwe omah—> Pencuri menantang si empunya rumah.
  166. Begal pada ndhugal—> Penyamun semakin kurang ajar.
  167. Rampok padha keplok-keplok—> Perampok semua bersorak-sorai.
  168. Wong momong mitenah sing diemong—> Si pengasuh memfitnah yang diasuh
  169. Wong jaga nyolong sing dijaga—> Si penjaga mencuri yang dijaga.
  170. Wong njamin njaluk dijamin—> Si penjamin minta dijamin.
  171. Akeh wong mendem donga—> Banyak orang mabuk doa.
  172. Kana-kene rebutan unggul—> Di mana-mana berebut menang.
  173. Angkara murka ngombro-ombro—> Angkara murka menjadi-jadi.
  174. Agama ditantang—> Agama ditantang.
  175. Akeh wong angkara murka—> Banyak orang angkara murka.
  176. Nggedhekake duraka—> Membesar-besarkan durhaka.
  177. Ukum agama dilanggar—> Hukum agama dilanggar.
  178. Prikamanungsan di-iles-iles—> Perikemanusiaan diinjak-injak.
  179. Kasusilan ditinggal—> Tata susila diabaikan.
  180. Akeh wong edan, jahat lan kelangan akal budi—> Banyak orang gila, jahat dan hilang akal budi.
  181. Wong cilik akeh sing kepencil—> Rakyat kecil banyak tersingkir.
  182. Amarga dadi korbane si jahat sing jajil—> Karena menjadi kurban si jahat si laknat.
  183. Banjur ana Ratu duwe pengaruh lan duwe prajurit—> Lalu datang Raja berpengaruh dan punya prajurit.
  184. Lan duwe prajurit—> Dan punya prajurit.
  185. Negarane ambane saprawolon—> Lebar negerinya seperdelapan dunia.
  186. Tukang mangan suap saya ndadra—> Pemakan suap semakin merajalela.
  187. Wong jahat ditampa—> Orang jahat diterima.
  188. Wong suci dibenci—> Orang suci dibenci.
  189. Timah dianggep perak—> Timah dianggap perak.
  190. Emas diarani tembaga—> Emas dibilang tembaga.
  191. Dandang dikandakake kuntul—> Gagak disebut bangau.
  192. Wong dosa sentosa—> Orang berdosa sentosa.
  193. Wong cilik disalahake—> Rakyat jelata dipersalahkan.
  194. Wong nganggur kesungkur—> Si penganggur tersungkur.
  195. Wong sregep krungkep—> Si tekun terjerembab.
  196. Wong nyengit kesengit—> Orang busuk hati dibenci.
  197. Buruh mangluh—> Buruh menangis.
  198. Wong sugih krasa wedi—> Orang kaya ketakutan.
  199. Wong wedi dadi priyayi—> Orang takut jadi priyayi.
  200. Senenge wong jahat—> Berbahagialah si jahat.
  201. Susahe wong cilik—> Bersusahlah rakyat kecil.
  202. Akeh wong dakwa dinakwa—> Banyak orang saling tuduh.
  203. Tindake manungsa saya kuciwa—> Ulah manusia semakin tercela.
  204. Ratu karo Ratu pada rembugan negara endi sing dipilih lan disenengi—> Para raja berunding negeri mana yang dipilih dan disukai.
  205. Wong Jawa kari separo—> Orang Jawa tinggal setengah.
  206. Landa-Cina kari sejodho —> Landa-Cina tinggal sepasang.
  207. Akeh wong ijir, akeh wong cethil—> Banyak orang kikir, banyak orang bakhil.
  208. Sing eman ora keduman—> Si hemat tidak mendapat bagian.
  209. Sing keduman ora eman—> Yang mendapat bagian tidak berhemat.
  210. Akeh wong mbambung—> Banyak orang berulah dungu.
  211. Akeh wong limbung—> Banyak orang limbung.
  212. Selot-selote mbesuk wolak-waliking zaman teka—> Lambat-laun datanglah kelak terbaliknya zaman.

Dan berikut ini lanjutan bait bagian akhir ramalan Jayabaya, lanjutan dari artikel Mencermati Bait Bagian Akhir Wangsit Jayabaya, dan Relevansinya Dengan Situasi Masa Sekarang (bag. 1) dan Mencermati Bait Bagian Akhir Wangsit Jayabaya, dan Relevansinya Dengan Situasi Masa Sekarang (bag. 2)

Bait 166.
idune idu geni / sabdane malati / sing mbregendhul mesti mati / ora tuwo, enom padha dene bayi / wong ora ndayani nyuwun apa bae mesthi sembada / garis sabda ora gentalan dina, / beja-bejane sing yakin lan tuhu setya sabdanira / tan karsa sinuyudan wong sak tanah Jawa / nanging inung pilih-pilih sapa (ludahnya ludah api / sabdanya sakti (terbukti) / yang membantah pasti mati / orang tua, muda maupun bayi / orang yang tidak berdaya minta apa saja pasti terpenuhi / garis sabdanya tidak akan lama / beruntunglah bagi yang yakin dan percaya serta menaati sabdanya / tidak mau dihormati orang se tanah Jawa / tetapi hanya memilih beberapa saja)

Bait 167.
waskita pindha dewa / bisa nyumurupi lahire mbahira, buyutira, canggahira / pindha lahir bareng sadina / ora bisa diapusi marga bisa maca ati / wasis, wegig, waskita, / ngerti sakdurunge winarah / bisa pirsa mbah-mbahira / angawuningani jantraning zaman Jawa / ngerti garise siji-sijining umat / Tan kewran sasuruping zaman (pandai meramal seperti dewa / dapat mengetahui lahirnya kakek, buyut dan canggah anda / seolah-olah lahir di waktu yang sama / tidak bisa ditipu karena dapat membaca isi hati / bijak, cermat dan sakti / mengerti sebelum sesuatu terjadi / mengetahui leluhur anda / memahami putaran roda zaman (Sejarah) Jawa / mengerti garis hidup setiap umat / tidak khawatir tertelan zaman)

Bait 168.
mula den upadinen sinatriya iku / wus tan abapa, tan bibi, lola / awus aputus weda Jawa / mung angandelake trisula / landheping trisula pucuk / gegawe pati utawa utang nyawa / sing tengah sirik gawe kapitunaning liyan / sing pinggir-pinggir tolak colong njupuk winanda (oleh sebab itu carilah satria itu / yatim piatu, tak bersanak saudara / sudah lulus weda Jawa / hanya berpedoman trisula / ujung trisulanya sangat tajam / membawa maut atau utang nyawa / yang (bagian) tengah pantang berbuat merugikan orang lain / yang di kiri dan kanan menolak pencurian dan kejahatan)

Bait 169.
sirik den wenehi / ati malati bisa kesiku / senenge anggodha anjejaluk cara nistha /ngertiyo yen iku coba / aja kaino / ana beja-bejane sing den pundhuti / ateges jantrane kaemong sira sebrayat (pantang bila diberi / hati mati dapat terkena kutukan / senang menggoda dan minta secara nista / ketahuilah bahwa itu hanya ujian / jangan dihina / ada keuntungan bagi yang dimintai / artinya dilindungi anda sekeluarga)

Bait 170.
ing ngarsa Begawan, dudu pandhita sinebut pandhita / dudu dewa sinebut dewa, kaya dene manungsa / dudu seje daya kajawaake kanti jlentreh / gawang-gawang terang ndrandhang (di hadapan Begawan, bukan pendeta disebut pendeta / bukan dewa disebut dewa, namun manusia biasa / bukan kekuatan lain diterangkan jelas / bayang-bayang menjadi terang benderang)

Bait 171.
aja gumun, aja ngungun / hiya iku putrane Bethara Indra / kang pambayun tur isih kuwasa nundhung setan / tumurune tirta brajamusti pisah kaya ngundhuh / hiya siji iki kang bisa paring pituduh marang jarwane jangka kalaningsun / tan kena den apusi / marga bisa manjing jroning ati / ana manungso kaiden ketemu / uga ana jalma sing durung mangsane / aja sirik aja gela / iku dudu wektunira / nganggo simbol ratu tanpa makutha / mula sing menangi enggala den leluri / aja kongsi zaman kendhata madhepa den marikelu / beja-bejane anak putu (jangan heran, jangan bingung / itulah putranya Batara Indra / yang sulung dan masih kuasa mengusir setan / turunnya air brajamusti pecah memercik / hanya satu ini yang dapat memberi petunjuk tentang arti dan makna ramalan saya / tidak bisa ditipu / karena dapat masuk ke dalam hati / ada manusia yang bisa bertemu / tapi ada manusia yang belum saatnya / jangan iri dan kecewa / itu bukan waktu anda / memakai lambang ratu tanpa mahkota / sebab itu yang menjumpai segeralah menghormati, / jangan sampai terputus, menghadaplah dengan patuh / keberuntungan ada di anak cucu)

Bait 172.
iki dalan kanggo sing eling lan waspada ing zaman kalabendu Jawa / aja nglarang dalem ngleluri wong apengawak dewa / cures ludhes saka braja jelma kumara / aja-aja kleru pandhita samusana / larinen pandhita asenjata trisula wedha / iku hiya pinaringaning dewa (inilah jalan bagi yang ingat dan waspada pada zaman kalabendu Jawa / jangan melarang dalam menghormati orang berupa dewa / yang menghalangi akan sirna seluruh keluarga / jangan keliru mencari dewa / carilah dewa bersenjata trisula wedha / itulah pemberian dewa)

173.
nglurug tanpa bala / yen menang tan ngasorake liyan / para kawula padha suka-suka / marga adiling pangeran wus teka / ratune nyembah kawula / angagem trisula wedha / para pandhita hiya padha muja / hiya iku momongane kaki Sabdopalon / sing wis adu wirang nanging kondhang / genaha kacetha kanthi njingglang / nora ana wong ngresula kurang / hiya iku tandane kalabendu wis minger / centi wektu jejering kalamukti / andayani indering jagad raya / padha asung bhekti (menyerang tanpa pasukan / bila menang tak menghina yang lain / rakyat bersuka ria / karena keadilan Yang Kuasa telah tiba / raja menyembah rakyat / bersenjatakan trisula wedha / para pendeta juga pada memuja / itulah asuhannya Sabdopalon / yang sudah menanggung malu tetapi termasyhur / segalanya tampak terang benderang / tak ada yang mengeluh kekurangan / itulah tanda zaman kalabendu telah usai / berganti zaman penuh kemuliaan / memperkokoh tatanan jagad raya / semuanya menaruh rasa hormat yang tinggi).

Untuk bagian ini saya tidak memberi interpretasi, silakan para pembaca saja yang mengartikan… 🙂

Sekian. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Shares

6 Comments on “Mencermati Bait Bagian Akhir Ramalan Jayabaya, dan Relevansinya Dengan Situasi Masa Sekarang (bag. 3)”

  1. Sering bingung tokoh utama nya itu menggambarkan imam mahdi atau malah menggambarkan dajjal itu srndiri,

    Sempet kepikiran mungkin saja serat jayabaya itu “salah satu”panduan dr secret society jaman baheula buat pengikutnya dimasa depan,

    Jd ditulis dr sudut pandang “mereka” & kita nya yg salah tafsir “kebalikan nya”

    Mengingat ada hal2 yg menggambarkan “dia” menguasai bs memerintah para demit atau setan2.

    Saya berfikir jg bhwa iblis/ lucifer sering mengidentikkan dirinya sbg cahaya (putra cahaya, dewa matahari dll) mengingat iblis golongan jin trcipta dr api dan berusaha membuat umat manusia tanpa sadar menyembah dia lewat simbol2 cahaya, api, sinar dll sbgai nya.
    (Biasanya dewa cahaya, matahari sinar, petir jd dewa utama dibanding dewa lain2 nya)
    Tengok saja pemahaman dewa2 di seluruh dunia, kurang lebih mirip2,

    Jd ada nabi dan rasul2 yg menyuruh menyembah tuhan yg esa, disatu sisi iblis menyesatkan manusia agar menyembah dia secara halus melalui simbol yg saya sebut diatas.

    Hanya pendapat unek2 saya saja.

  2. pantang bila diberi / hati mati dapat terkena kutukan / senang menggoda dan minta secara nista / ketahuilah bahwa itu hanya ujian / jangan dihina / ada keuntungan bagi yang dimintai / artinya dilindungi anda sekeluarga)_
    Mencermati kalimat bernomor 169 tsb, saya merasa bahwa yg dimaksud adalah Khidir AS. Karena dia dalam cerita² disebutkan sering tampil dalam rupa pengemis.

  3. Dalam banyak tradisi Agama, ahli spiritual yang penampilannya di depan umum terlihat sebagai sosok pengemis, banyak ditemukan.

    Di kalangan sufi, hal seperti ini disebut ‘Malamatiyah’, dimaknai sebagai jalan pilihan ahli spiritual untuk menyembunyikan kualitas ibadah maupun kualitas spiritualnya. ‘Malamatiyah’ juga kadang dimaknai sebagai jalan atau suluk ahli ibadah dalam pertarungannya melawan ego diri sendiri. Tidak memberi ruang sedikitpun bagi diri sendiri untuk merasa benar atau baik. Mereka fokus ke dalam diri untuk mendisiplinkan aspek batiniahnya.

    Nabi Yahya atau Rasul Yohanes dalam tradisi Yahudi ataupun Kristiani dikenal menjalani hal seperti ini. Ia mengembara melintasi padang pasir, dari kampung satu ke kampung lainnya dengan penampilan seorang pengemis. Komunitas Eseni di mana Yohanes berasal, dianggap para sarjana modern sebagai asal usul tradisi sufi atau tasawwuf dalam tradisi Islam.

    Tapi, sebenarnya, sangat mungkin ini berkembang dari konsep ajaran Buddha Gautama dalam mencapai kebahagiaan.

    Konsep Buddha dalam mencapai kebahagiaan yaitu; tidak mengajarkan jalan menuju kebahagiaan, tetapi lebih kepada mengarahkan upaya menghilangkan penyebab-penyebab ketidakbahagiaan atau kesengsaraan dalam hidup, yaitu:hasrat, keinginan, harapan, dan semacamnya.

    Dalam suatu riwayat disebutkan, dalam upayanya mencapai pencerahan, Buddha Gautama pernah bersamadi menghadap ke dinding, sebagai simbolisasi membelakangi dunia – melupakan segala keinginan atau harapan.

    Jadi, bukan hanya nabi Khidir saja yang memiliki kebiasaan tampil sebagai pengemis.

    Jati diri Satria Piningit (satria yang disembunyikan) atau Al Mahdi “The Hidden Imam” (Imam Tersembunyi) yang digambarkan Prabu Jayabaya dalam nubuatnya sangat mungkin juga menjalani peran “sebagai pengemis”.

    Ungkapan yang sama juga disampaikan Imam Ali bin Abi Talib: Dia (Al Mahdi), pada awalnya seperti orang asing yang malang, tidak dikenal dan tidak diperhatikan…”

    Jayabaya dan Ronggowarsito juga isyaratkan kemunculan Satria Piningit atau Ratu Adil berasal dari golongan bawah. Bukan tokoh atau pejabat. Inilah makanya ia juga digelari ‘Ratu Amisan’.

Comments are closed.